Kisi-Kisi Teori Dasar PBO XI RPL

  • Whatsapp

Java Netbeens, Rangkuman Bab 1-3

 

Dasar-dasar dan aturan dalam pemrograman berorientasi objek (OOP)

A.    Penulisan Komentar

Komentar adalah bagian dari program yang tidak ikut di eksekusi pada saat kompilasi program dan biasanya digunakan untuk dokumentasi di dalam program.

Jenis-jenis komentar :

  1. Komentar 1 baris

Java menggunakan tag // untuk membuat komentar yang hanya berlaku untuk 1 baris kode. contoh :

// ini komentar

  1. Komentar 2

Dalam java, komentar yang banyaknya lebih dari 1 baris, dibuat menggunakan tag /* dan */. contoh :

/* ini komentar dan ini

juga komentar */

  1. Komentar untuk keperluan

Java memiliki jenis komentar khusus yang digunakan untuk keperluan dokumentasi, menggunakan tag /** dan */.

contoh :

/** ini komentar dan ini

juga komentar */

B. Identifiers

Identifiers adalah nama-nama yang biasa di deklarasikan dalam java, tetapi bukan merupakan bagian dari kata kunci pada java. Seperti :

  1. Class
  2. Interface
  3. Variable
  4. Method
C. Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci dalam java adalah kata yang telah didefinisikan oleh compiler yang memiliki arti dan tujuan tertentu. Seperti :

  1. Tipe data primitive

 

Tipe data yang hanya mampu menyimpan satu nilai tiap satu variable dan telah didefinisikan terlebih dahulu oleh java. Seperti :

E. Operator

Operator dalam java adalah symbol/tanda yang digunakan untuk mengoperasikan dua value atau lebih.

Jenis-jenis operator :

  1. Operator Aritmatika contohnya ( + ), ( – ), ( * ), ( / ) dan ( % ).
Simbol Operator Keterangan
+ Penjumlahan
Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
% Modulus (sisa bagi)

 

  1. Operator Logika contohnya and, or, not, xor.
Simbol Operator Keterangan
& Logika AND
| Logika OR
^ Logika XOR
! Logika NOT

 

  1. Operator Increment/Decrement contohnya ( ++ ) dan ( — ).
Simbol Operator Keterangan
++ Value bertambah 1
Value berkurang 1

 

  1. Operator
Simbol Operator Keterangan
< Lebih kevil dari
> Lebih besar dari
>= Lebih besar atau sama dengan dari
<= Lebih kecil atau sama dengan dari
== Sama dengan
!= Tidak sama dengan

 

  1. Operator
Simbol Operator Keterangan
+= Contoh: a +=2, ekuivalen dengan a = a + 2
-= Contoh: a -=2, ekuivalen dengan a = a – 2
*= Contoh: a *=2, ekuivalen dengan a = a * 2
/= Contoh: a /=2, ekuivalen dengan a = a / 2
%= Contoh: a %=2, ekuivalen dengan a = a % 2

 

F. Pengambilan Keputusan

 

Pernyataan java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode tertentu dan mengabaikan blok kode lain.

Jenis-jenis pengambilan keputusan :

  • Statement if.

Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar (true). Bentuk dari pernyataan if,

if(boolean_expression)

statement;

if(boolean_expression)

{

statement1; statement2;

}

  • Statement if – else.

Pernyataan if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false.

Bentuk statement if-else,

if(boolean_expression) statement1;

else statement2;

  • Statement if – else – if

Pernyataan pada bagian kondisi else dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else yang lain. Kondisi struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks. Bentuk statement if-else if,

if(boolean_expression1) statement1; elseif(boolean_expression1)

statement2;

else statement3;

  • Statement switch.

Struktur penulisan statement switch adalah sebagai berikut.

switch(expression)

{

case variabel1: statement;

statement; break;

case variabel2: statement;

statement; break;

default : statement; statement; break;

  • Perulangan (Looping)

Peryataan java yang mengijinkan user untuk mengeksekusi suatu blok kode secara berulang- ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang di inginkan.

enis-jenis pengambilan perulangan :

1. While

Pernyataan whileloop adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang – ulang sampai mencapai kondisi yang cocok. Pernyataan di dalam whileloop akan di eksekusi berulang-ulang selama kondisiboolean_expression bernilai benar (true). Bentuk pernyataan while,

while(boolean_expression)

{

statement1; statement2;

}

 

2.  Do – While.

Do-whileloop mirip dengan while-loop. Pernyataan di dalam do-

whileloop akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilaibenar(true). Perbedaan antara w hile dan do-whileloop adalah dimanapernyataan didalam do-while

loop akan dieksekusi sedikitnya satukali.

do

{

statement1; statement2; …

}while(boolean_expression);

 

3.    For.

Pernyataan forloop memiliki kondisi hamper mirip seperti strukturpengulangan sebelumnya yaitu melakukan pengulangan untukmengeksekusi kode yang sama sebanyak jumlah yang telah ditentukan.Bentuk dari for loop,

for(ekspresi awal; syarat ;ekspresi akhir)

{

statement1; statement2;

}

 

Konsep class, method dan object

Class adalah “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu object. Class biasa dipergunakan untuk membungkus berbagai attribute dan method yang saling berhubungan menjadi sebuah group agar lebih terorganisir sebagai satu kesatuan. Contoh : Class Kendaraan, Class Bangunan, Class Handphone, dll

Object adalah hasil instantiate dari class. Karena class berbentuk “cetakan”, maka untuk mengambil isi cetakan tersebut kita wajib buat objectnya. Class dan Object adalah kedua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Contoh : Object Motor (instance dari class Kendaraan), Object Rumah, Object Samsung, Object Nokia, dll

Bila kita melihat dunia nyata kita dapat menemukan banyak benda disekitar kita seperti, mobil, kucing, manusia dan lain-lain. Semua object memiliki state (attribute) dan behavior. Jika kita melihat objek kucing, maka state (attribute) tersebut adalah nama, jenis, warna dan behavior (prilaku) tersebut adalah mengeong, bergoyang-goyang, berjalan. Jika Anda membandingkan objek pada software dengan objek dunia nyata, mereka memiliki karakteristik yang sangat mirip. Objek pada software juga memiliki state (Attribute) dan behavior, sebuah state pada objek software disimpan dalam bidang dan behavior ditunjukkan melalui method. Jadi dalam pengembangan software, method beroperasi pada keadaan internal suatu objek dengan komunikasi objek ke objek dilakukan melalui method.

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *